Sunday, February 26, 2017

[Review] JINGGA UNTUK MATAHARI – Esti Kinasih



Penerbit : Gramedia
Genre : Romance, Fiksi
Kategori : Teenlit, Family Drama, Series
Terbit : 2017
Tebal : 448 hlm
ISBN : 978 – 602 – 03 – 3723 – 4
Harga : Rp. 98.000
Setelah bertahun-tahu Ari mencoba mencari keberadaan ibu dan saudara kembarnya. Akhirnya, pencarian itu selesai juga. Sekarang, mereka ada begitu dekat dengannya. Keinginan agar keluarga Ari bisa kembali utuh lagi, tampak sudah di depan mata.
Sayangnya, ternyata selama ini Ari tak tahu apa-apa tentang keadaan keluarganya. Bahkan, apa alasan ibu dan saudara kembarannya tak lagi bersama, dia juga tak tahu menahu.
“...bahwa dalam setiap kebahagiaan sering kali tidak sepenuhnya seperti yang terlihat, dan dalam kesedihan juga sering kali tidak sepenuhnya hanya tentang itu.” – hlm. 123

Ata – saudara kembar Ari – awalnya dia bisa bersikap baik pada Ari. Namun, dendam yang terus berkobar di dadanya tak mampu membuat Ata menyembunyikan kebenciannya pada Ari dan ayahnya.
Kemarahan Ata memuncak saat bertemu sang ayah. Setiap detail luka masa lalu, Ata ceritakan pada Ari. Ari hancur, tentu saja. Apalagi saat Ari tahu, Ata membencinya dan tidak mempercayainya.
 Ini emang kejam, tapi ini realitas. Jadi lo harus terima.” – Raka – hlm. 333
Ata mulai melancarkan penyerangannya. Sebuah taktik yang membuat Ari goyah. Ata benar-benar ingin membalas dendam untuk setiap luka yang dia rasakan selama sembilan tahun itu.

Jingga untuk Matahari – JUM, novel yang sangat ditunggu pembaca Esti Kinasih, khususnya para Pembaca Seri Jingga dan Senja. Sekitar enam tahun lamanya, akhirnya seri ketiga Jingga dan Senja ini lahir juga.
JUM benar-benar fenomenal. Peluncurannya pun super fenomenal. Apalagi Pre Ordernya, aiihh... spektakuler banget. Dalam 1 hari, sold. Dari kehebohannya itu, aku sangat berharap penantian panjang bisa dibayar tuntas, lunas, melegakan. Namun, kenyataan novel ini bakal lahir adiknya lagi, bikin aku menghela napas. Ternyata, Esti Kinasih masih pengin menguji pembacanya.
Aku baca novel seri pertama dan keduanya sudah super lama, saat aku belum kenal blog. Jadi, nggak usah di cari reviewnya, nggak ada. Pada saat itu, saat aku baca seri pertama dan kedua, usia masih belasan. Jadi, ceritanya beneran bikin baper, apalagi sikap Ari ke Tari yang super preman, tapi kadang bisa sweet banget.
Nah, saat ketemu novel seri ketiganya... erg... boleh jujur? Biarkan aku jujur, ya? Mohon aku jangan ditimpuk pake apapun, mohon jangan merasa aku ingin menjatuhkan novel ini, dsb. Ini asli isi hatiku yang terdalam. Terpakasa, dari awal aku harus bilang, aku kecewa dengan novel ini.
Pertama, gaya bahasa penulis nggak seenak dulu, nggak semantap saat aku baca novel Dia Tanpa Aku, Jingga dan Senja, juga Jingga dalam Elegi. Rasanya, terlalu belibet. Bikin pembaca harus mikir maksud penulis.
Kedua, tentang reaksi berlebihan anak-anak yang satu sekolah sama Ata.
Sejak Ata di Malang, reaksi cewek-cewek di sekitar Ata itu super nggak banget. Ata itu anak ABG yang ganteng, aku tahu itu. Cuma, seganteng-gantengnya cowok, kayaknya nggak sedramatis itu deh efeknya.
Kecuali, Ata itu anak SMA yang tiba-tiba jadi artis gara-gara challenge pencarian bakat. Lalu, dia balik ke sekolah lagi. Silahkan deh bikin reaksi kayak begitu.
Yang makin nggak banget itu, saat Ata masuk ke sekolah Ari. Reaksi mereka super heboh, dan itu nggak rasional. Masak, sampai bikin kegaduhan super ngeganggu? Kalau sekedar deketin nggak masalah, lah. Dan, yang berani begitu, juga nggak anak satu sekolah gitu. Paling berapa cewek aja, biar kelihatan normal.
Oke, mungkin karena Ata itu 99% mirip Ari, dan Ari adalah pentolan sekolah. Cuma, mari kita pikirkan, seberapa aneh sih kita ngelihat anak kembar? Udah biasa, kan? Paling cuma, wah ada anak kembar! Udah. Nggak sampai sebegitu excited-nya sampai bikin aku...erg... Ata itu masih manusia...woooeee..bukan dewa yang jatuh ke bumi, bukan anggota Suju juga, jadi...please...reaksinya nggak usah kayak apaan aja.
Kalau mau penasaran, nah...itu normal. Nanya-nanyain Tari tentang Ari-Ata itu juga juga biasa. Tapi, kalau udah mulai lebay, aku angkat tangan ke kamera deh.
Konflik keluarga Ari-Ata udah kayak benang kusut yang sulit banget diurai. Teka-tekinya di setiap bagian memang bikin penasaran, tapi makin ke belakang malah bikin bosen. Aku kangen tulisan Mbak Esti yang enak, ringan, meski ceritanya punya konflik berat. 
Selain itu, reaksi shock Tari juga terlalu banget. Setelah mendengar cerita Ari yang sangat menyedihkan, Tari langsung lemas. Oke, sekali lagi aku katakan, cerita Ari menyedihkan, cuma kayaknya nggak sampai bikin Tari mau pingsan gitu. Bolehlah nangis, dan itu memang reaksi yang harus terjadi mengingat seperti apa karakter Tari.
Di halaman 286, aku merasa sangat terganggu sama cara Ari memanggil supir taksi dengan sebutan ‘oom’. Kayaknya lebih enak kalau manggilnya pakai ‘pak’ aja deh. Biasanya aku sih begitu. Nggak tahu kalo orang Jakarta gimana. Apakah sama seperti cara Ari atau cara aku yang bukan orang Jakarta?
Trus mobil Everest yang dulu sering dipake Ari buat nyamar sebagai Ata di depan Tari itu, sebenarnya punyanya Ari atau Raka, sih? Seingat aku kok punyanya Ari, ya. Tapi, di novel ketiga ini kok punyanya Raka. Atau aku aja yang lupa saking lamanya novel kedua aku baca.
Yang seru dari novel seri ini adalah interaksi Ari-Tari. Sayang banget, cuma dikit sekali. Nah, mulai dari adegan Ari curhat ke Tari tentang semua masalahnya, cerita mulai asyik. Bisa jadi, karena konfliknya udah mulai pindah fokus. Nggak lagi ngubek-ubek masalah keluarga Ari-Ata. Si Tari nggak sekedar hadir sebagai tempelan seperti di awal, dia mulai punya fungsi. Dan kisahnya mulai seru.
Sayangnya, pas seru-serunya, malah udah sampai ending. Pinter banget deh, Mbak Esti ngegantungin pembacanya.
Satu sanjungan lagi buat penulisnya, tebakan aku meleset, penulis nggak bikin konflik cinta segitiga antara Tari, Ari dan Ata. Lega.
Meski udah merasakan keseruan meski seiprit, aku tetap ngasih novel ini bintang 1 dari 5 bintang. Moga-moga seri berikutnya bisa membuat aku puas.


5 comments:

  1. ceritanya yang super mbulet, juga konflik yg seakan bikin dunianya kiamat. haha lebay. meski rumitnya cerita ini tapi akunya juga masih bisa masuk dalam lingkup hidupnya Ari (fyuuh untung bisa hahah). serasa tau betul tentang kehidupannya. malahan seringkali terbayang kalo aku tiba tiba ketemu sama si Ari ini. haha ngarep banget. yap emang betul, giliran berada dalam situasi yang menurut aku seru banget eh keburu kelar aja ini novelnya (hehe suka gk tau waktu kalo lagi baca novel). tapi yaa lumayan TOP ini novel. sepakat sama uraiannya mb Dian.

    ReplyDelete
  2. Setuju banget kalau JUM ini ceritanya ngegantung. Tapi ya nggak ngegantung banget sih kak, kan mereka semua udah hepi ending nerusin kuliahnya!
    Yeaah, walaupun aku sih pengenya kak esti ngelanjutin kisah Ari-Tari ini dari mereka kuliah sampai mereka lulus kuliah. kalau bisa sekalian sampai mereka berdua nikah gpp. wkwkw

    ReplyDelete
  3. aku udah baca juga ni buku. setuju sih kalo endingnya gantung , bikin geregetan >.<

    ReplyDelete
  4. yah aku belum sempet baca ka, kapan-kapan deh tapi kayaknya harus yang dari seri pertama biar nyambung hehe.
    oiya ka kapan-kapan review buku-bukunya andrea hirata dong :)

    ReplyDelete

 

Jejak Langkahku Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos