Sunday, July 6, 2014

Resensi - Sunshine Becomes You “Sinar Matahari dibalik Matamu”



Penulis : Ilana Tan
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Genre : Metropop
Terbit : Maret 2013 (Cetakan Ketujuh)
Tebal : 432 hlm
ISBN : 978 – 979 – 22 – 7813 – 2
Harga : Rp. 65.000
Sebuah cinta bisa datang seperti guntur yang menakutkan. Mungkin juga dia menyerupai malaikat kegelapan yang siap mencelaikaimu, namun ternyata dia adalah sesuatu yang membuatmu jatuh cinta. Siapa tahu?
Seperti itulah kisah Alex Hirano dan Mia Clark dimulai. Berawal dari sebuah tragedi dimana Mia terjatuh dari tangga dan menimpa tubuh Alex, menyebabkan tangan Alex–yang dalam waktu dekat menggelar konsernya–harus terkirir sehingga konsernya terpaksa dibatalkan.
Alex Hirano adalah seorang pianis. Tangan dan jari jemarinya adalah salah satu bagian dalam hidupnya yang paling berharga. Makanya, Alex membenci Mia sejak pertama kali bertemu.
Kenapa harus? Kenapa kau ingin malaikat kegelapanmu tersenyum padamu?” – Hlm. 96

Mia merasa bersalah, tentu saja. Karena itu, dia mengajukan diri membantu Alex, membantu apa saja yang bisa dia bantu. Namun, Alex malah memperlakukan Mia seperti pengurus rumahnya. Tidak hanya bernasib seperti pembantu, Mia juga harus mengadapi sikap menyebalkan Alex setiap hari.
Hubungan mereka mulai terjalin karena sering bertemu. Mia selalu datang ke rumah Alex di pagi hari dan membuatkannya kopi dengan cita rasa tiada duanya, benar-benar sangat enak sampai-sampai Alex menganggap semua kopi di dunia ini rasanya tak karuan, kecuali kopi buatan Mia.
Walaupun Tidak ada hal lain di dunia ini yang bisa kau percayai, percayalah bahwa aku mencintaimu. Sepenuh hatiku.” – Mia Clark – Hlm. 429

Ah, aku lupa bercerita. Mia merupakan seorang penari kontemporer yang masuk lima besar penarik terbaik di dunia. Dia pernah kuliah di Julliard, dan pernah menjadi anggota Dee Black Dance Company.
The Julliard School merupakan salah satu sekolah pertunjukan paling bergengsi di dunia. Sedangkan, Dee Black Dance Company merupakan salah satu group penari terbesar dan terkenal di New York, mungkin juga di dunia.
Sayangnya, sekarang Mia harus puas hanya menjadi guru tari di Small Steps Big Steps Dance Studio karena dia terpaksa keluar dari Dee Black Company dan mengubur mimpi besarnya yang sudah di depan mata–menari di bawah sorotan lampu, di panggung Broadway.
Semua itu karena satu hal, sesuatu yang tak bisa dia tolak kalau dia masih ingin melihat sinar mentari pagi.
Sunshine Becomes You. Judul novel ini diambil dari lagu ciptaan Alex Hirano untuk Mia Clark. Dan, dari semua karya Ilana Tan yang pernah aku baca, mulai dari tetralogi 4 musimnya serta cerpennya di Antologi Autumn Once More, Sunshine Becomes You adalah juaranya.
Ilana Tan berhasil memukauku dengan jalinan cinta manis antara Alex dan Mia. Karakter keduanya membuat cerita hidup. Meskipun ending-nya sudah bisa ditebak. Mungkin, kebanyakan pembaca sudah tahu ending-nya. Dan, jujur saja, ending seperti itu membuatku enggan mengambilnya dari lemari buku, awalnya.
Tapi, aku terlalu berprasangka buruk ternyata. Sejak bab pertama, aku sudah menikmati novel ini. Karakter Alex Hirano yang terkesan dingin dan ketus, kemudian melembut karena jatuh cinta, juga sikapnya pada Mia, tampak perfect. Aku juga menyukai caranya mengatasi cinta segitiga antara dia, Mia dan adiknya, Ray Hirano. Menurutku, cara mereka mengatasinya sangat elegan.
Saat itu aku baru menyadari sesuatu yang seharusnya sudah kusadari sejak lama. Aku tidak tahu kenapa aku tidak pernah menyadarinya sebelum ini. Tapi kurasa aku hanya menolak menyadarinya.” – Ray Hirano – Hlm. 356

Sedangkan Mia, aku suka dengan caranya menjalani hidup. Dengan semangatnya, dengan caranya mengatasi semua laki-laki yang mendekatinya. Juga humble-nya pada setiap orang. Mia adalah sosok perempuan menyenangkan. Bersama Mia, dunia tampak begitu bergairah.
Yang aku suka lagi, meski novel ini berkisah tentang cinta segitiga, namun tidak menjadikan kisah klise ini sebagai bagian terpentingnya. Dan, meski Mia diceritakan sakit, namun pembaca tak selalu diajak menderita dengannya.
Menurutku, Sunshine Becomes You adalah novel yang menceritakan tentang perjuangan hidup dan mimpi seorang Mia Clark. Mimpinya di dunia menari. Caranya mempertahankan hidup meskipun dia tahu seperti apa hidupnya nanti. Dan, juga perjuangan untuk lari dari rasa cintanya pada Alex Hirano.
Tidak hanya Mia, karena novel ini menggunakan POV orang ketiga, novel ini juga bercerita tentang Alex Hirano yang perlahan menyadari cintanya pada Mia, dan berusaha selalu berada di dekat wanita ini bagaimanapun caranya. Perhatiannya pada Mia membuat Alex bernilai Sembilan dari sepuluh.
Alur dan cara bercerita Ilana Tan selalu seperti biasa, ringan dan tak banyak perlu berpikir. Semua terasa mengalir saja. Semua punya bagian pedih dan manis yang begitu matang.
Untuk cover-nya, warna pink dan pemandangan di balik jendela di pagi hari benar-benar sesuai dengan judulnya.
Sedangkan untuk ending, meskipun aku tahu akhirnya. Ternyata, bukan itu yang menjadi ending-nya. Tidak sekedar menceritakan tentang kematian dan selesai. Ada lagi poinnya. Dan, aku lega mengetahuinya.
Rating untuk novel ini 4,7 dari 5 bintang.
Tulisan ini diikutkan dalam Indonesian Romance Reading Challenge 2014

3 comments:

  1. Ceritanya standar tapi gaya berceritanya itu yang enak banget......

    http://bukuguebaca.blogspot.com/2014/02/resensi-novel-sunshine-becomes-you-itu.html

    ReplyDelete
  2. Yap, setuju banget. Nambah poin plus, karakternya cukup berhasil dibangun. Cukup, ya... bukan sangat. Hehehehehe

    ReplyDelete
  3. Cinta segitiga? Terkesan mainstream menurutku. Tapi nggak tau kenapa dari dulu selalu penasaran ingin ngincip karyanya Ilana Tan.
    Covernya manis sekali, bikin jatuh cinta pada pandangan pertama.

    ReplyDelete

 

Jejak Langkahku Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos