Wednesday, June 12, 2013

Resensi - REMINISCENCE "Cinta Tak Akan Mudah Di Benci"

Pemenang Lomba Resensi yang diadakan 
oleh @IchaGaemGyu (Yarica Eryana)



Judul : Reminiscence

Penulis : Yarica Eryana

Penerbit : Diva Press

ISBN : 978-682-7933-27-9

Korean Teenlit

Harga : Rp. 40.000,-

Cetakan pertama : Mei 2013


Semua berawal dari rasa cinta yang terpendam, pengorbanan dan kasih sayang yang membeku kaku seiring dengan berjalannya waktu. Membuat seorang gadis bernama Cho Yeon Hyo harus menjalani hidup di bawah bayang-bayang kematian ayahnya, dibenci oleh kakaknya dan mewarisi seluruh harta kekayaan keluarga mereka tanpa ada penjelasan yang masuk akal.
“Lalu kenapa kau hanya mau berdiri di belakangku? Tidak mau berdiri di sampingku? Jika kau mau berdiri di sampingku, kau bisa memberikanku sebuah pegangan erat untuk membuatku terus semangat menjalani hidup. Memberikanku sebuah pelukan sebagai tanda kalau masih ada orang yang akan terus menyayangiku tanpa mengenal batas waktu. Dan memberikanku sebuah tepukan hangat saat aku berhenti berjalan dan menyerah pada keadaan. Aku ingin kau berdiri di sampingku."
***


Bagi Kyu Hyun, Yeon Hyo adalah orang yang paling dia benci di dunia ini. Tapi, dalam hati kecilnya ada perasaan aneh yang membuat rasa benci itu kadang terasa samar. Itulah yang membuat Kyu Hyun selalu bersikap kejam pada Yeon Hyo, agar rasa yang samar itu tak muncul di permukaan, karena Kyu Hyun hanya  ingin Yeon Hyo tahu bahwa dia sangat membencinya.
Yeon Hyo memang adik Kyu Hyun, tapi dia tak pernah memanggil laki-laki ini Oppa lagi, setelah Kyu Hyun mengucapkan kalimat bahwa dia tak ingin memiliki adik seperti Yeon Hyo. Baiklah, baginya dia juga tak ingin memiliki kakak seperti Kyu Hyun. Yeon Hyo berjanji, dia akan membuat Kyu Hyun menderita. Dia akan mengobrak-abrik hidup Kyu Hyun sebagai pembalasannya, karena Kyu Hyun sudah mengangacaukan hidupnya yang sempurna.
Tapi, ternyata kata-kata kejam dari mulut mereka tak bisa membunuh perasaan yang diam-diam tumbuh di hati mereka. Perasaan yang awalnya terlarang karena sebuah hubungan darah, tapi ternyata takdir berkata lain. Sebuah kejutan akhir yang menyakitkan namun terasa sangat sempurna untuk hidupnya.
Reminiscence, sebuah novel apik khas Korea yang menampilkan banyak sekali tokoh-tokoh dan konflik yang beraneka ragam. Awalnya, aku terlalu pusing dengan nama-nama tokohnya, juga pada hubungan satu sama lain. Dan, karena penasaran, aku membuat sebuah diagram sederhana untuk menghubungkan setiap karakter, juga untuk mengingat nama-nama mereka. Syukurlah, ternyata itu sangat membantu. Karena,  akhirnya aku dengan mudah memahami cerita sampai-sampai aku seperti menonton sebuah Drama Korea di imajinasiku. 
Cho Yeon Hyo

Saat membaca novel ini, aku tak hanya disuguhi kisah cinta yang berawal dari benci, tapi juga cerita pengorbanan dan ketulusan dari seorang Yeon Ri yang rela melupakan laki-laki yang dicintainya demi kakak tersayangnya, Yeon Hyo. 
Lee Dong Hae

Belum lagi aku harus dibuat iri pada Heon Hyo yang memiliki kekasih seperti Lee Dong Hae yang tampan, baik hati, selalu memuja kekasihnya bak ratu, dan rasanya dia adalah sandaran yang kokoh untuk sebuah hidup. Ah, adakah pria sesempurna ini, Tuhan?
Tapi, anehnya aku malah dibuat tak suka pada karakter Kwa Ji Yo yang sebenarnya baik. Apa karena dia terkesan cengeng dan lemah? Yap, memang aku benci karakter cewek seperti itu. Jadi, yang ini jangan dihiraukan.
Cho Kyu Hyun

Dan, jangan lupakan satu karakter mempesona, dia adalah Kyu Hyun Oppa. Aku dibuatnya jatuh cinta dengan caranya bersikap pada Yeon Hyo. Dia bisa begitu manis dalam sikapnya yang keras, dia bisa begitu romantis dengan caranya yang konyol.
Rasanya aku ingin memberi jempol sepuluh untuk endingnya. Hah, benar-benar ditutup dengan rasa memikat dan adegan yang membuatku tersenyum.
Untuk plotnya berjalan dengan sangat baik. Kita diajak menikmati histeria dari petengkaran-pertengakaran Kyu Hyun dan Heon Yeo. Lalu, kita di bawa turun dengan sangat pelan dan nyaman bersama karakter Lee Dong Hae yang tenang. Kemudian, batu-batu terjal membuat alur bergoyang bersama Yeon Ri dan Ji Ho yang selalu menderita bersama cintanya. Sedangkan Park Tae Young, berhasil menimbulkan gempa-gempa kecil dalam cerita. Setelah itu, jalan terlihat sangat lurus dengan pemandangan indah dan kelokan manis yang mengakhirinya.
Satu lagi, aku suka sekali dengan cara penulis menggambarkan setting Amouris Caffee Shop. Aku ingin sekali pergi ke sana dan menikmati aroma vanilla yang bercampur kayu manis khas ayah Heon Yeo, dan menikmati segelas cappuccino kesukaanku.
Oh, ya! Buat para pecinta Korean Drama dan Novel Roman wajib banget baca novel ini. Catet! Wajib! Karena, kamu akan dimanjakan dengan romantisme tiada tara, dan kamu bagaikan bertemu dewa asmara yang menebar cinta. Buktikan sendiri, deh!
Untuk nilainya, aku berikan 3 bintang dari 5 bintang. Yeee!!! Di tunggu karya selanjutnya Kak Yarica Eryana.

Twitter : @dianputuamijaya
Email : @dian_putu26@yahoo.com 

No comments:

Post a Comment

 

Jejak Langkahku Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos