Wednesday, February 3, 2016

[Review] LOVE THEFT #1 “Berjalan diatas nurani semata”



Penulis : Prisca Primasari
Penerbit : Prisca Primasari
Genre : Romance, Fiksi
Kategori : Young Adult, Pencuri, Musik
Terbit : 2016
Tebal : 192 hlm
Harga : Rp. 55.000

Frea Rinata, mahasiswa sekolah musik yang memutuskan untuk cuti karena merasa terlalu payah. Dia gagal dalam audisi untuk kesekian kali.
“Karena apapun yang saya lakukan, nggak ada gunanya. Sekeras apa pun saya berusaha, orang-orang akan tetap aja memandang sebelah mata. Mungkin saya memang nggak punya bakat.” – Frea – hlm. 79

Akhirnya, dia menyibukkan diri menjadi asisten para pencuri kelas kakap – anak buah pamannya. Hanya asisten, itu artinya Frea tidak ikut andil secara langsung dalam kejahatan.
Tugasnya itu membuat Frea dekat dengan Night dan Liquor. Karena mau tidak mau, Frea harus berurusan dengan mereka hampir setiap hari. Namun, Night salah satu sahabat terbaik Frea menginginkan hengkang dan kembali ke Jepang. Dia meminta Liquor untuk menggantikannya dalam sebuah tugas mencuri kalung milik seorang gadis anak orang kaya.
“Tidak apa-apa, kan, kalau orang-orang kaya itu kehilangan harta sedikit saja?” – Frea – hlm. 124

Tugas tersebut dapat diselesaikan dengan baik. Namun, siapa sangka ada sesuatu yang membuat kasus ini lebih rumit dari biasanya.
Karena kerumitan ini, Frea dan Liquor semakin sering bersama. Ada sesuatu yang tidak disadari Frea, atau mungkin Frea tak ingin menyadarinya. Tapi sampai kapan? Semua orang di dekat mereka sudah mencium aroma manis itu.
“Karena dosa yang dilakukan berkali-kali tidak akan terasa seperti dosa lagi.” – Frea – hlm. 125

Love Theft #1 adalah novel yang mempunyai lanjutan. Mengangkat tentang seorang gadis yang terlalu akrab dengan dunia kriminal. Dia bukan pelaku secara langsung memang. Namun, Frea terlalu dekat dengan mereka. Bisa dibilang, ada hubungan batin – seperti saudara atau lebih antara mereka – terutama pada Night dan Liquor.
Nama-nama di novel ini, membuat aku berhalusinasi bahwa settingnya di luar negeri, padahal aku tahu ini masih di Jakarta. Tema tentang pencuri yang hasil curiannya akan dibagi ke orang yang kurang beruntung, khas robin hood memang jarang diangkat di novel lokal. Dan hasilnya, lumayan cukup menarik.
Karakter-karakter para pencuri – Liquor, Night dan Tarantula – mempunyai ciri khas dan pesonanya masing-masing. Liquor yang lebih gelap, tenang namun mematikan, membuat aku penasaran pada sosoknya. Night, berasal dari Jepang. Dia begitu styles, penyuka musik, dan begitu menawan. Sedangkan Tarantula, dia baru dieksplore hampir di akhir cerita. Sekelebat, dia tampak seperti cowok serampangan dan bad boy.
Frea sendiri nampak seperti cewek yang tidak memikirkan masa depan – menurutku. Dia menjalani hidup seperti air, mengikuti saja kemana arus membawanya tanpa mau melawan. Dia bukan cewek sensitif dan terlalu gampang menyerah. Ini baru penilaian di awal novel. Karena pada dasarnya, novel ini seperti baru diceritakan seperempatnya saja. Masih sangat banyak rahasia yang belum dikuak.
Membuat sebuah novel dengan bau kriminal bukan hal yang mudah. Lebih sangat mudah membuat novel asli roman semata. Jika berbau kriminal, penulis dituntut untuk berpikir tentang trik-trik cerdik dalam berbagai kasus. Namun, sayangnya penulis masih kurang menggambarkan trik-trik-nya, dan masih kurang rasa tegangnya. 
Aku berharap, di seri keduanya akan lebih mengigit, lebih mengguncang pembaca dengan konflik-konflik yang semakin seru.
Endingnya, yah, karena akan ada lanjutannya, jelas terasa menganggantung sekali.
Ratingnya 2,3 dari 5 bintang.

Novel ini belum ready di toko buku. 
Yang berminat, bisa order di Booklaza. Buku edisi BERTANDA TANGAN PENULIS.
Harga : 55.000
Order WA 085736100626 | Line deeputu | BBM 74D81B01
Tinggal tersisa 4 eksempler. 

No comments:

Post a Comment

 

Jejak Langkahku Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos