Wednesday, February 24, 2016

[Review] CHEMISTRY “Best Friend Forever and Love”



Penulis : Al Dhimas
Penerbit: Gagasmedia
Genre : Romance, Fiksi
Kategori : Young Adult, Friendship, Seri S.C.H.O.O.L
Terbit : 2014
Tebal : xviii + 214 hlm
ISBN : 979 – 780 – 701 – 0
Harga : Rp. 50.000

Marsha Anandita Hariadie – Icha – siswi tingkat dua SMA Minerva School of Batam. Dia sangat menyukai Pelajaran Kimia dan berharap bisa bergambung dengan Tim Olimpiade Kimia sekolah. Icha begitu termotivasi untuk segemilang kakaknya yang pernah sukses memimpin Tim Olimpiade Matematika menjadi juara.
Tapi, bukan hal yang mudah untuk meraih sesuatu yang sangat diinginkannya. Icha bukan tipe anak sains. Penampilannya yang selalu styles bak girlband Korea membuat beberapa orang memandangnya tak pantas masuk ke Tim Olimpiade Kimia. Bahkan, Tantri, salah satu teman sekolahnya tampak blak-blakan mengungkapkannya.
“Masalah kamu sama aku sebenarnya apa, sih? Karena aku punya tampang model yang berarti aku nggak boleh suka Kimia? Atau karena aku bukan orang Batam asli jadi nggak boleh mewakili Batam di olimpiade nasional? Apa, huh?” – Icha – hlm. 143

Namun, Icha punya sahabat-sahabat yang selalu mendukungnya, Roro, Alvi, Mel, dan Sarah. Tapi, dalam persahabatan juga ada saja permasalahan.
Mereka – lima sekawan ini – mempunyai perjanjian yang ada hubungannya dengan masalah cowok. Dan, di masa SMA adalah masa-masa indah untuk memulai kisah cinta. Begitu juga mereka, para cewek ini juga sedang belajar tentang cinta. Masalahnya, Mel terlalu keras pada persahabatan mereka. Ini membuat mereka terlalu takut mengungkap perasaan di antara mereka.
Sayang, kenyataan mulai terkuak perlahan. Kebohongan-kebohongan itu menjadi masalah. Lalu, bagaimana dengan persahabatan mereka? Apakah Icha bisa mewujudkan impiannya?
“Ya. Para sahabatku adalah partikel koloid, elektroda adalah kesibukan mereka masing-masing, dan pengumpulan koloid adalah apa yang terjadi pada kami saat ini. Aku merasa sekarang kami benar-benar mulai berpisah.” – Icha – hlm. 96

 Chemistry, adalah salah satu Seri S.C.H.O.O.L. Lebih banyak membicarakan persahabatan, kemudian dicampur ciri khas cinta masa remaja dan impian.
Karakter tokoh-tokohnya terasa cukup kuat. Icha yang lebih tenang, meskipun kadang ada sisi childish juga. Mel yang cukup keras dan tomboy, Sarah lebih pendiam dan kalem, sedangkan Alvie diciptakan sebagai cewek centil.
Ada satu cowok yang menarik perhatianku meskipun dia hanya punya sedikit bagian di dalam cerita, Phil – anggota tim renang Minerva, tetangga Icha. Dia ini selalu bersikap manis yang tidak berlebihan saat berinteraksi dengan Icha. Ini malah bikin aku kesengsem.
Kalau ceritanya, mungkin karena ini bukan bacaan yang cocok untuk cewek seusiaku, jadi agak terasa bukan duniaku saja. Kalau yang baca anak SMP atau SMA mungkin akan lebih cocok. Makanya, aku merasa konfliknya sangat kurang sekali.
Untuk penyelesaiannya, aku merasa kurang dieksplor lebih. Terasa dibuat instan dengan menghadirkan beberapa kali kebetulan. Bahkan, untuk menguak seperti apa hubungan Phil dan Icha saja tampak ala kadarnya.
Aku ingin sekali melihat usaha keras Icha dalam meraih impiannya. Namun, lagi-lagi aku juga kurang puas dengan konflik meraih impian ini. Sepertinya, masalah persahabatan lebih diutamakan.
Rating untuk novel ini 1,7 dari 5 bintang.

2 comments:

  1. Rating yang sangat kecil. Hemm..

    Saya belum membaca seri gagas media yang ini. Alasannya mungkin sama dengan kenapa Dian memberi rating sekecil itu. Saya mengakui kalau membaca novel dengan setting SMA, itu sebatas selingan. Menikmati? Iya. Menyukai? Saya lebih suka Metropop, Young Adult. Untuk teenlit, saya akan mempertimbangkan rating dari pembaca yang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...iya...sama hehehe...
      Baca novel teenlit, kadang berasa masuk ke dunia lain yang pernah dilewati, tapi udah lupa gimana rasanya

      Delete

 

Jejak Langkahku Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos