Friday, November 18, 2016

[Virtual Book Tour] Review - (NEVER) LOOKING BACK – Elvira Natali



Penerbit : Gagasmedia
Genre : Romance Fiksi
Kategori : Adult
Terbit : 2016
Tebal : viii + 272 hlm
ISBN : 978 – 979 – 780 – 867 – 9
Harga : Rp. 60.000

“Satu-satunya cara untuk membunuh perasaan ini adalah selalu mencoba menjadi kuat, bukan? Tapi kau membuatku sadar, tak selamanya aku mampu bertahan sendiri.” – Casta – hlm. 258

Casta Abigael, yatim piatu yang sukses menjadi desainer di Paris. Karyanya ikut meramaikan event-event besar, banyak wawancara yang harus dia lalui, dan karyanya mulai dilirik oleh orang-orang penting. Bagi Casta, semua yang sekarang dia raih adalah bayaran yang setimpal dengan apa yang dia korbankan.
Meski kesuksesan merajai hidupnya sekarang, Casta tak pernah bisa melupakan masa lalunya. Seseorang yang begitu berarti, muse untuk hidupnya – dia tetap ada di hati Casta.
Muse bagi saya, punya sedikit makna berbeda dari arti sebenarnya. Dia bukan inspirasi untuk menciptakan busana. Tetapi, alasan saya untuk berani mewujudkan mimpi hingga akhirnya bisa berada di sini.” – Casta – hlm. 7

Pertemuannya yang tak disengaja dengan seorang seniman pasir – Philip Bouvier – seperti menggeser setiap kenangan yang masih menggelayuti hidupnya. Philip berhasil membuat hidup Casta berbeda.
“Manusia bisa memilih. Tapi kita tidak bisa selalu mendapatkan apa yang kita inginkan, bukan?” – Casta – hlm. 195

Memang, masa lalu bisa begitu manis di saat itu. Namun, jika masa lalu itu hadir kembali di saat ini, mungkin rasanya sudah tak sama lagi, itulah yang Casta rasakan.
Sayangnya, meski masa lalu tak semanis dulu, namun masa lalu itu sudah merubah masa depan Casta. Dia hadir membawa hadiah besar untuknya. Hadiah yang membuat Casta tampak tak pantas untuk Philip.
Tapi, sampai kapan Casta bisa membohongi dirinya? Dia menginginkan Philip, namun rasanya sangat tidak adil jika Casta egois. Keadaannya saat ini akan menyakiti Philip. Jadi, jalan mana yang akan Casta tempuh?
“Andai semua kehidupan menyakitkan, hati kecilmu akan percaya bahwa di luar sana pasti masih ada sepotong kebahagiaan. Bagian yang menyenangkan. Awalnya, kau tak tahu apa itu, karena pengetahuanmu terbatas. Tapi seiring berjalannya waktu, kau akan menemukan kebahagiaan itu.” – hlm. 266



(Never) Looking Back, novel yang berbicara tentang masa lalu, perfect mistake, sekaligus bercerita tentang kehidupan seorang desainer hebat yang tak lupa pada kebudayaan negerinya.
Berbicara tentang perfect mistake, setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan besar. Dan, satu saja kita salah melangkah, maka jalan takdir kita pun seperti kereta yang berpindah rel.
Sama seperti yang terjadi pada Casta. Gadis pencinta tulip ini memiliki karier yang sukses. Meskipun sampai saat itu, dia masih dibayangi masa lalu.
Dia mulai menemukan sesuatu yang hampir menyempurnakan hidupnya, Philip Bouvier. Philip menawarkan apapun yang Casta belum dapatkan di hidupnya, rasa nyaman, rasa disayangi, rasa dilindungi.
Sayangnya, Casta melakukan kesalahan besar. Masa lalu Casta kembali, dan dialah yang membuat Casta dengan terpaksa memindahkan jalur hidupnya.
Casta yang memiliki karakter tampak kuat di luar, namun sebenarnya dia tetap saja gadis rapuh yang perlu perhatian ekstra karena hal-hal kecil di hidupnya saja dia tampak tak peduli, seperti : mengatur jadwal makan, dan istirahat untuk dirinya sendiri.
Dia tampak pas jika bertemu seorang seperti Philip Bouvier yang bisa selalu ada, perhatian dan mau berkorban untuk seseorang yang dia cintai.
Menurutku, pertemuan Philip dan Casta sangat manis. Dari tas belanjaan yang tertukar, sampai hadiah flat shoes yang cantik. Lalu, tentang seni pasir yang memukau, sampai cerita-cerita mereka mengenai kisah hidupnya masing-masing.
Mereka seperti takdir yang memang harus bertemu. Begitu pas, begitu cocok. Sayangnya, tidak menarik kalau tak ada sebuah tantangan. Ya, mereka harus menghadapi itu.
Di novel ini, penulis menceritakan tentang seni pasir. Awalnya, aku berpikir, seni pasir yang digeluti Philip ini seperti menggambar di atas pasir. Ternyata, seni pasir Philip berbeda. Sepertinya, lebih menarik. Aku jadi penasaran ingin melihatnya langsung.
Alur novel ini cukup cepat. Penulis memberi teka-teki tentang masa lalu Casta, dia tidak menyebut siapa orang tersebut sampai akhirnya masa lalu itu hadir di kehidupan Casta saat ini.
Menarik, banyak hal yang aku dapatkan di novel ini. Dari belajar tetap tegar meski hidup ini sulit. Menghargai setiap waktu yang kita lalui, karena hari esok tak akan sama seperti hari ini. Dan, tentang impian. Jangan takut bermimpi, jangan takut meninggalkan zona nyaman, karena mimpimu bisa jadi jalan menuju kesuksesan, sama seperti Casta.
Sedangkan dari Philip, aku belajar tentang pengorbanan untuk meraih kebahagiaan, belajar untuk menerima dengan lapang dada apapun kelemahan orang yang kamu cintai. Philip, dia tipe pria yang sangat mengagumkan.
Rating novel ini 4 dari 5 bintang.


Saatnya GIVEAWAY
Salah satu hal yang bikin aku senang jadi host blog tour adalah bisa bikin giveaway untuk para pecinta buku sekaligus sedikit berkontribusi dalam lahirnya sebuah buku. Meskipun, dalam giveaway ini hadiahnya sponsor dari penerbit, tetap saja rasanya menyenangkan.
Satu lagi yang menyenangkan, dalam giveaway aku bisa mengajukan pertanyaan apapun kepada peserta. Makanya, kali ini aku bakal kasih beberapa pertanyaan yang jawabannya mudah-mudah. Nggak usah takut, nggak ada salah benar di sini. Jadi, nanti siapa pemenangnya akan diundi. Aku hanya ingin kita saling share ringan saja.

Sebelum ke pertanyaan, kalian harus perhatikan rules di bawah ini dulu ya.
1.        Follow twitter @elpignutt , @OfficiaElvers  dan @Gagasmedia
2.        Follow Blog ini via GFC
3.        Bantu share giveaway ini. Cantumkan link-nya dan kasih hastag #GANLB
4.        Jawab pertanyaan ini :
a.      Setelah baca review di atas, apa yang kamu pikirkan tentang novel (Never) Looking Back?
b.      Apa sih yang bikin kamu teringat masa lalu? Masa lalu apapun, tidak harus cinta. Jawaban tidak perlu dijelaskan, cukup jawab saja apa hal tersebut.
c.       Jika Tuhan  memberimu pilihan, apakah kamu ingin mengulang masa lalu itu? Berikan alasan kamu maksimal 3 kalimat saja.
d.      Pernahkah kamu melakukan sebuah ‘Perfect Mistake’ di dalam hidupmu? Jika pernah, sebutkan – hanya sebutkan – apa kesalahan tersebut.

Biar terasa adil, aku akan menjawab poin b, c dan d. Yang a tidak perlu aku jawab, karena semua sudah aku uraikan di dalam review.
b. Apa sih yang bikin kamu teringat masa lalu? Bingkai jendela
c. Jika Tuhan  memberimu pilihan, apakah kamu ingin mengulang masa lalu itu? YA, karena saat itu rasanya manis sekali. Meski, jika diulang sekalipun, tetap saja akhirnya sama.
d. Pernahkah kamu melakukan sebuah ‘Perfect Mistake’ di dalam hidupmu? Pernah, salah ambil jurusan kuliah.

5.        Tulis komentar di bawah ini dengan format
Nama :
Twitter :
Follow GFC :
Link Share :        
Jawaban :
6.        Pemenang akan diundi menggunakan aplikasi Random Number.
7.        GA ini berakhir pada tanggal 25 Nopember 2016 jam 24.00 WIB. Dan, pengumuman pemenang diumumkan secepatnya.
8.        Jika kamu belum beruntung masih ada 7 blog lagi yang akan memberimu kesempatan mendapatkan 1 eksempler novel (Never) Looking Back karya Elvira Natali. Link Blog bisa di lihat di Banner.
9.        Semangat, semoga beruntung.

29 comments:

  1. Nama : Heni Susanti
    Twitter : @hensus91
    Follow GFC : Heni Susanti
    Link Share :https://twitter.com/hensus91/status/799823603474821120
    Jawaban :
    a. Novel ini seakan mengingatkan kalau sekuat apa pun kita sekarang, masa lalu tak akan pernah bisa dilepaskan dari sejarah hidup kita.
    b. Seringnya yang membuat teringat masa lalu adalah melihat apa yang dialami orang lain. Nostalgia ke masa itu akan muncul saat melihat orang lain mengalami suatu hal yang agak mirip atau bertolak belakang sama sekali dengan apa yang aku alami dulu.
    c. Jika punya pilihan, ada satu masa lalu yang ingin aku ulangi. Alasannya sih jelas karena masa lalu itu memberikan penyesalan yang masih sering muncul. Jadi, dengan kembali ke masa itu aku harap bisa memperbaiki kesalahanku itu.
    d. Pernah, terima tawaran jadi guru padahal sama sekali tidak memiliki passion dan dasar ilmunya.

    Demikian dan terima kasih :)

    ReplyDelete
  2. nama: Mariyam
    twitter: @mariyam_elf
    follow GFC: mariyam riya
    link share: https://twitter.com/mariyam_elf/status/799837185121787904
    jawaban:
    a. Setelah baca review di atas, apa yang kamu pikirkan tentang novel (Never) Looking Back?
    * masa lalu, mau di manapun, kapan pun, bagaimana pun, akan selalu hadir dalam hidup kita.
    b. Apa sih yang bikin kamu teringat masa lalu? Masa lalu apapun, tidak harus cinta. Jawaban tidak perlu dijelaskan, cukup jawab saja apa hal tersebut.
    * keegoisanku, yah dlu aku sangat egois.
    c. Jika Tuhan memberimu pilihan, apakah kamu ingin mengulang masa lalu itu? Berikan alasan kamu maksimal 3 kalimat saja.
    * ingin sekali. karena aku ingin menuruti permintaan terakhir ayahku sebelum meninggal, menjaganya di rumah sakit seharian penuh. dan juga klo bisa saat ayahku mengembuskan napas terakhirnya, aku ada di sampingnya.
    d. Pernahkah kamu melakukan sebuah ‘Perfect Mistake’ di dalam hidupmu? Jika pernah, sebutkan – hanya sebutkan – apa kesalahan tersebut.
    * pernah. salah memilih pacar saat SMK, yg mlah membuatku hancur tdk bisa diperbaiki lgi.

    ReplyDelete
  3. Nama : apriliyani astuti
    Twitter : @AstutiAstuti21
    Follow GFC : apriliyani astuti
    Link Share : https://twitter.com/AstutiAstuti21
    Jawaban:
    a. Setelah baca review di atas, apa yang kamu pikirkan tentang novel (Never) Looking Back?
    * masa lalu saat mengingat kebersamaan kita bersama teman SMA kita dulu dan itu sangat membuatku nyaman berada didekatnya.
    b. Apa sih yang bikin kamu teringat masa lalu? Masa lalu apapun, tidak harus cinta. Jawaban tidak perlu dijelaskan, cukup jawab saja apa hal tersebut.
    *saat kehilangan teman dekat kita akibat kecelakaan.
    c. Jika Tuhan memberimu pilihan, apakah kamu ingin mengulang masa lalu itu? Berikan alasan kamu maksimal 3 kalimat saja.
    * Ya, karena aku ingin masa lalu di saat bersama teman-teman lama ku kembali terulang walaupun itu sangat menyakitkan. persahabatan yang saat ini aku butuhkan karena mereka semualah yang ada bersama ku saat ini.
    d. Pernahkah kamu melakukan sebuah ‘Perfect Mistake’ di dalam hidupmu? Jika pernah, sebutkan – hanya sebutkan – apa kesalahan tersebut.
    * pernah. saat memilih jurusan/prodi mau masuk kuliah padahal aku saat itu ingin masuk di jurusan/prodi musik tapi tidak di izinkan oleh orang tua.

    ReplyDelete
  4. Nama : Pida Alandrian
    Twitter : @PidaAlandrian92
    Follow GFC : Pida Alandrian
    Link Share : https://twitter.com/PidaAlandrian92/status/799884822906683392
    Jawaban :

    Setelah baca review di atas, apa yang kamu pikirkan tentang novel (Never) Looking Back?
    > Yg pasti sangat menarik perhatian, pengin segera bs baca, dan smoga aja bs beruntung di GA nya.
    Alur ceritanya pasti membuat siapapun yg membaca menebak-abak alur alan ceritanya, apalagi dgn endingnya yg seperti apa.
    Aku penasaran nihh, kira2 Casta berakhri dgn siapa ya?? Aku sih berharapnya sama yg masa lalu aja. Krn gimana pun masa lalu, pasti tampak lebih manis jika bs bersama dan bersatu. hehehhe..

    Apa sih yang bikin kamu teringat masa lalu?
    > Ketika memandang bangunan Sekolah di mana kenaangan2 yg tersimpan rap di dalamnya.

    Jika Tuhan memberimu pilihan, apakah kamu ingin mengulang masa lalu itu?
    > Iya. Karena masa lalulah aku menjadi lebih baik seperti sekarang ini. Dr masa lalu juga aku belajar banyak hal utk hidupku sendiri.

    Pernahkah kamu melakukan sebuah ‘Perfect Mistake’ di dalam hidupmu?
    > Pernah. slh satunya mengambil jurusan kuliah Guru krn keinginan orang tua. Padahal akunya nggak punya minat sama sekali.

    Bismillah..
    Semoga kali ini jodoh dengan kisahnya Casta dan masa lalunya ;)

    ReplyDelete
  5. Nama: Nurul Astri
    Twitter: @nurulastrirmdn
    Follow GFC: Nurul Astri
    Link Share: https://twitter.com/nurulastrirmdn/status/799899888204988416

    a) Novel ini seperti mengajariku maju untuk tidak terus terpaku pada keadaan yang sekarang. Walaupun nyatanya dalam kehidupanku kini aku belum memiliki apa-apa, aku yakin sama seperti Casta, nantinya akan ada kehidupan yang lebih baik lagi. Kuncinya adalah berdo'a dan berusaha. Jangan pernah menyerah dan terus berjuang. Inshaallah takdir akan membawa jalan yang baik :)
    b) Sepatu nike. Ada cerita tersendiri di baliknya. Yang jelas, ketika melihat sepatu yang mirip dengan sepatu 'itu', otakku langsung saja mengirimkan sinyal.
    c) Ya. Kenangan yang manis walau berakhir tragis. Tapi jika rasanya patah hati itu akan terulang kembali, aku rela asalkan masih bisa melihat dia seperti dulu lagi.
    d) Pernah. Niatnya mau masuk ke sekolah SMP negri yang terkenal, tapi kenyataannya malah diminta Ibu sekolah di swasta aja. Padahal nemku lumayan gede dibanding angkatanku yang lain.

    ReplyDelete
  6. Nama : esti
    Twitter : @estiyuliastri
    Follow GFC : esti yuli
    Link Share: https://twitter.com/estiyuliastri/status/799912350937559040

    Jawaban:
    A. Novel yang berpesan agar kita bisa berdamai dengan masa lalu. Sepahit apapun itu.
    B. Nasi goreng
    C. TIDAK, karena fakta itu terlalu menyakitkan.hiks
    D. Pernah, yakni ambil jurusan kuliah yg tidak sesuai dengan minatku.

    ReplyDelete
  7. Nama : Rahma Nissa Cahaya Islami
    Twitter : Rahma Nissa
    Link : https://twitter.com/rahmaaaNC/status/799888334042468352?s=08
    Jawaban:
    A. Setelah baca review di atas, apa yang kamu pikirkan tentang novel (Never) Looking Back?
    -Setelah saya membaca review novel (Never) Looking Back yang saya pikirkan adalah walaupun kita sudah menjalani kehidupan masa depan kita tapi kita tidak akan mungkin untuk meninggalkan masa lalu kita.mau seburuk,sebaik,sekeras,selembut apapun masa lalu itu,masa lalu akan selalu mnjadi rantai kehidupan kita yg akan sllu mewarnai kehidupan kita.karna tanpa melewati masa lalu kita tdk akan bs menjalani masa depan yg lebih baik lagi.

    -Mau bagaimanapun kita semandiri apapun dan sekuat apapun kita,kita akan tetap membutuhkan orang lain jg.

    -saat kita mau menggapai mimpi yg ingin kita raih kita harus bersungguh-sungguh mendapatkannya dgn berusaha sekuat tenaga agar semua yg telah kita raih tampak maksimal

    -Saat cinta dan kesetiaan di uji kita harus tetap yakin dengan kata hati kita walau seberat dan sesakit apapun hal atau masalah yang kita jalani pada akhirnya bila kita ditakdirkan untuk bersama org yg kita cintai kita akan selalu bersama orang itu.

    B. Apa sih yang bikin kamu, teringat masa lalu?
    -Masa lalu dimasa masa sma dmana saya ngerasain rasanya jatuh cinta pertama kali sama seseorang.

    C. Jika tuhan memberimu pilihan, apakah kamu ingin mengulang masa lalu itu?
    - Siapa sih yang gamau balik lagi atau mengulang ke masa lalu?semua pasti ingin kembali apalagi pada masa lalu itu banyak hal2 indah banyak hal yang menyenangkan,membahagiakan dan hal2 yg berkesan.nah itu jg yg terjadi pada diri saya jg.saya pengen banget ke masa lalu itu karena masa itu sangat Indah masa yang mungkin belum tentu di masa sekarang pun bisa saya rasakan kembali.masa lalu yang selalu banyak memberikan saya pengalaman dan pelajaran berharga untuk hidup saya.

    D. Pernahkah kamu melakukan 'perfect' Mistake' didalam hidupmu?
    - Waktu sma pernah ada satu masalah yg bkin saya down akut bgtt hampir putus asa. sampai mau melakukan berbagai hal apapun aja rasanya ngga mood sama sekali.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  9. Nama: Eni Lestari
    Twitter: @dust_pain
    Follow GFC: Eni Lestari
    Link share: https://twitter.com/dust_pain/status/799921164688584704

    a. Setelah baca review di atas, apa yang kamu pikirkan tentang novel (Never) Looking Back?
    judulnya memang (jangan) melihat ke belakang, yang ditujukan bagi2 orang2 yang selalu teringat masa lalunya. menurutku, semua orang punya masa lalunya masing2. walau demikian, jangan sampai terpaku dengan masa lalu tersebut dan terus2an menoleh ke belakang. masa lalu yang pahit cukup dijadikan pelajaran, jangan sampai mengulangi untuk kedua kali. tetap fokus pada masa depan, dan raihlah apa yang diinginkan.

    b. Apa sih yang bikin kamu teringat masa lalu? Masa lalu apapun, tidak harus cinta. Jawaban tidak perlu dijelaskan, cukup jawab saja apa hal tersebut.
    cerpen bagus. aku teringat cerpenis fav ku Mbak Swistien.

    c. Jika Tuhan memberimu pilihan, apakah kamu ingin mengulang masa lalu itu? Berikan alasan kamu maksimal 3 kalimat saja.
    tentu saja. kalau orangnya masih hidup, aku akan mencoba membalas kebaikannya dulu padaku. ah, aku benar2 merindukannya :(

    d. Pernahkah kamu melakukan sebuah ‘Perfect Mistake’ di dalam hidupmu? Jika pernah, sebutkan – hanya sebutkan – apa kesalahan tersebut.
    pernah. meladeni seseorang gak penting yang memberiku harapan palsu.

    ReplyDelete
  10. Nama: Rohaenah
    Twitter: @rohaenah1
    Follow GFC: Rohaina Lilis
    Link share: https://twitter.com/rohaenah1/status/799957280657551360
    Jawaban:
    a. Cinta memang perlu dipupuk agar terus bersemi dan perlu usaha dari keduanya agar tetap berrahan menghadapi cobaan yg datang. Jangan terpaku pada masa lalu, biarkan jadi pembelajaran agar lebih baik di masa depan
    b.hujan karena memberikan aku waktu untuk merenung dan seringkali memang mengingat hal yg telah lalu
    c.kalau untuk mengulang masa lalu tidak ada jawaban yg mutlak. Pastinya aku mau mengulang masa lalu yg menyenangkan, tapi tidak mau mengulang masa lalu yg menyakitkan.
    d.pernah. tahun kemarin aku ditawari promosi, tapi karena harus keluar daerah jadinya saya menolak. Kadang suka nyesel sih, kenapa dulu menolaknya karena kalau dulu menerima dan mau pindah tentunya sekarang sudah mempunyai karier yg lebih baik dibanding sekarang. Tapi nasi sudah menjadi bubur,tak bisa kembali lagi. Aku cuma bisa berharap adanya kesemoatan kedua.

    ReplyDelete
  11. Nama: A'imatul Latifah
    Twitter: @Aim_La27
    Follow GFC: Aimatul Latifah
    Link share: https://mobile.twitter.com/Aim_La27/status/799972721371164672?p=v
    Jawaban:
    A. Aku memikirkan semua isi novelnya, tentang pesan-pesan di dalam novelnya yang ternyata begitu dalam. Tentang belajar ikhlas, tentang keluar dari zona nyaman dan berdiri untuk berani mengejar mimpi seperti casta. Juga tentang kelanjutan dan apa yang akan terjadi antara casta dan philip.
    B. Aku selalu teringat masa lalu ketika hujan dan pelangi.
    C. Ya, aku ingin mengulang masa lalu. Kenapa?
    1. Aku ingin mengulang masa kecilku. Karena itu adalah masa dimana aku masih bisa bahagia karena hal-hal yang sederhana. Masalah sepele yang mungkin jika aku dapatkan sekarang, aku tidak akan merasakan kebahagiaan sedikitpun.
    2. Karena manusia selalu diciptakan tidak sempurna. Tempatnya salah dan lupa. Dan ketika aku bisa kembali, aku akan berusaha menghapus dan mengganti kesalahan itu menjadi yang lebih baik.
    3. Karena kebahagiaan yang sederhana selalu terlihat jika sudah terlewati. Jadi aku ingin mengulangnya kembali.
    D. Pernah. Pernah di beri kesempatan ikut lomba. Tetapi ketika kesempatan itu aku terima, aku malah menyia-nyiakannya begitu saja. Sehingga aku kalah. Nyesel!! Nyesel gak pernah serius latihan.

    ReplyDelete
  12. Nama : Bety Kusumawardhani
    Twitter : @bety_1993114
    Follow GFC : aki.no.melody@gmail.com
    Link Share : https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/799847512114761729?p=v

    Jawaban :
    a. Setelah baca review di atas, apa yang kamu pikirkan tentang novel (Never) Looking Back?
    Masa lalu yang susah untuk dihapuskan dari hidup seseorang bisa menghambat masa depan yg sudah ada di depan mata.
    b. Apa sih yang bikin kamu teringat masa lalu? Lagu dan aroma tertentu
    c. Jika Tuhan memberimu pilihan, apakah kamu ingin mengulang masa lalu itu? Kalo bisa aku ingin karena aku akan memperbaiki atau minimal mecegah kesalahan-kesalahan yg membuatku menyesal di masa mendatang.
    d. Pernahkah kamu melakukan sebuah ‘ Perfect Mistake’ di dalam hidupmu? Jika pernah, sebutkan – hanya sebutkan – apa kesalahan tersebut. Pernah saat aku tidak berani membela seorang teman yg selalu direndahkan teman lain.

    ReplyDelete
  13. Nama : Desita Wahyuningtias
    Twitter : @desitaw97
    Follow GFC : desita_itsmystyle
    Link Share : https://twitter.com/desitaw97/status/800144751324381185
    Jawaban :
    Setelah baca review di atas, apa yang kamu pikirkan tentang novel (Never) Looking Back?
    Pingin punya novelnya. Aku udah punya 2 novel yang tokoh utamanya seorang desainer, tapi aku enggak pernah bosen buat menengok dunia mereka. Itu adalah magnet tersendiri bagiku, ditambah seniman pasir? Wow! Makin penasaran deh sama novelnya. >_<
    Apa sih yang bikin kamu teringat masa lalu?
    Foto
    Jika Tuhan memberimu pilihan, apakah kamu ingin mengulang masa lalu itu?
    Tidak karena aku pasti akan memilih pilihan yang sama yang pernah aku pilih. Dan aku tidak ingin mengalami masa indah sampai aku sadar semua itu akan kembali hilang. Aku sudah cukup bersyukur sempat memiliki kenangan itu.
    Pernahkah kamu melakukan sebuah ‘Perfect Mistake’ di dalam hidupmu?
    Ya, membiarkan orang tuaku berpisah, mengizinkan mereka melangkah menuju kehidupan masing-masing dan tetap bertingkah seperti tak peduli sampai akhirnya hatiku benar-benar kebas karena terlanjur tertutup rapat. Apakah aku menyesal? Tentu saja tidak. Kalian tak perlu mengasihaniku, sudah kubilang itu adalah kesalahan sempurna yang memberiku kekuatan, lagi pula aku sudah tak merasakan apapun.

    ReplyDelete
  14. Nama: Annisa Az Zahra
    Twitter: @anisazahra01
    Follow blog via GFC : Azzahra
    Link share: https://mobile.twitter.com/anisazahra01/status/800155013238489090?p=v

    a. Setelah baca review di atas, apa yang kamu pikirkan tentang novel (Never) Looking Back?
    > Sebuah novel tentang seseorang yang hampir berdamai dengan masa lalunya namun masa lalu itu ternyata tak ingin menjadi masa lalu Casta saja, dia hadir kembali ke kehidupan Casta.

    b. Apa sih yang bikin kamu teringat masa lalu? Masa lalu apapun, tidak harus cinta. Jawaban tidak perlu dijelaskan, cukup jawab saja apa hal tersebut.
    > Hujan selalu mengingatkanku akan masa lalu

    c. Jika Tuhan  memberimu pilihan, apakah kamu ingin mengulang masa lalu itu?Berikan alasan kamu maksimal 3 kalimat saja.
    >Tidak. Masa lalu cukup jadi kenangan dan pelajaran saja.

    d. Pernahkah kamu melakukan sebuah ‘Perfect Mistake’ di dalam hidupmu? Jika pernah, sebutkan – hanya sebutkan – apa kesalahan tersebut.
    >Mencintai dia diam-diam.

    ReplyDelete
  15. Nama: Hapudin
    Twitter: @adindilla
    Follow GFC: adin
    Link share; https://twitter.com/adindilla/status/800265484109103104
    Jawaban:

    a. Novel yang mengupas psikologi tokohnya akibat masa lalu yang kelam. Akan menjadi tema berat jika dibawakan oleh penulis dengan kelam juga. Namun, menilik kovernya yang hangat itu, saya menduga novel ini tidak butuh kerutan di dahi pas bacanya. Saya sangat penasaran dengan tokoh yang terlibat di masa lalu itu? Siapakah dia?

    b. Minuman fanta

    c. YA, sebab pada saat itu waktu terbanyak saya bisa melihat dia dan merekam wajahnya. Tapi karena itu kejadian yang lama, sekarang justru tidak tahu wajah seperti apa dia. Kan manusia berubah.

    d. Tidak langsung kuliah begitu lulus SMA.

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. nama : Ifah
    twitter : @zhiigo
    Follow GFC : ifah zhiigo
    link share : https://twitter.com/zhiigo/status/800285809488207873

    a. Yang aku pikirkan tentang Novel ini setelah baca review nya adalah novel ini menarik. Seberapa dalam sih masa lalu Casta membekas di hatinya sampai-sampai bisa mempengaruhi perasaannya di masa depan? Masa lalu, seberapa bagus atau pun buruknya tidak seharusnya membuat langkah kita di masa depan tertahan. Apalagi jika kita sudah bahagia dengan hidup kita.
    b. Hal yang membuatku teringat pada masa lalu adalah Bus
    c. Ya. Karena saat-saat itu mendebarkan. Tapi aku ingin mengulangnya dengan sikap yang berbeda dan pemikiran yang lebih dewasa.
    d. Pernah. Diam-diam suka dengan pacar teman.

    ReplyDelete
  18. Nama : Rinita
    Twitter : @RinitAvyy
    Follow GFC : Rini virgo ( rinivir90@gmail.com )
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RinitAvyy/status/800454201058861056?p=v
    Jawaban:

    A. Yang aku pikirkan, kok bukan masa lalunya casta ya, tapi lebih ke bagian seni pasirnya. Gak tau mengapa, menurutku bagian itu begitu unik dan menarik. So, membuatku gak sabar buat menangin GAnya, biar bisa baca langsung novelnya ^_^ .

    b. Masa laluku yg agak ngeri, dulu pas TK, aku pernah tersesat waktu di ajak ke pasar yg baru pertama kali aku masukin.

    c. Nggak mau mengulangi lagi. sekali saja sudah cukup membuatku ngeri dan takut. Untung aku langsung ditemukan--- kalo enggak, duh, aku gak mau bayangin deh apa jadinya >_< .

    d. Kesalahan fatal yg aku lakukan, adalah dua kali kurang teliti dan salah hitungang, pas ngerjain soal MAT ujian nasional SMP. Jadinya, gak bisa 100% benar semua di Mapel Favorit, huh >_< .

    ReplyDelete
  19. Nama : Humaira
    Twitter : @RaaChoco
    Follow GFC : Humaira Balfas
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/800495028703330304?p=v



    a. Setelah baca review di atas, apa yang kamu pikirkan tentang novel (Never) Looking Back?
    »» Apapun masa lalumu biarkan itu berlalu, masa kini dan masa depan harus tetap berjalan. Jadikan masa lalu sebagai bahan pelajaran untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik.


    b. Apa sih yang bikin kamu teringat masa lalu? Masa lalu apapun, tidak harus cinta. Jawaban tidak perlu dijelaskan, cukup jawab saja apa hal tersebut.
    »» Rumah masa kecilku.


    c. Jika Tuhan  memberimu pilihan, apakah kamu ingin mengulang masa lalu itu? Berikan alasan kamu maksimal 3 kalimat saja.
    »» Yaaa tentu saja. Seburuk dan sepahit-pahitnya masa lalu, itu penting buatku. Karena masa lalu yang membuatku seperti sekarang ini.

    d. Pernahkah kamu melakukan sebuah ‘Perfect Mistake’ di dalam hidupmu? Jika pernah, sebutkan – hanya sebutkan – apa kesalahan tersebut.
    »» Pernah. Plin-plan dan salah ambil keputusan.

    ReplyDelete
  20. Elsita F. Mokodompit
    @sitasiska95
    Elsita Fransiska Mokodompit
    https://twitter.com/sitasiska95/status/800531815572205568

    1. Novel ini menceritakan tentang wanita sukses, wanita yang berhasil meraih masa depan cerah namun terkadang masih terjerat oleh cerita di masa lalunya.
    2. Klub Sepak Bola Arsenal
    3. Tidak. Mungkin akan bagus jika aku bisa memperbaikinya tapi hal itu tidak menjamin membuatku bisa mendapat masa depan yang lebih baik dr yang aku alami saat ini
    4. Pernah. Mempertahankan seseorang yang tak patut diperjuangkan

    ReplyDelete
  21. Nama: Rizki Fitriani
    Twitter: @Kikii_Rye
    Follow GFC: Kiki Rizryeo
    Link Share: https://twitter.com/Kikii_Rye/status/800910110226685952

    Jawaban:
    a. Sebaik apapun kita di masa depan, masalalu selalu terikat dg kehidupan kita. masalalu seperti history dlm hidup, bagaimana buruk dan baik kita dlam menjalani peperangan hidup selama ini tertulis dalam prasasti masa lalu. yang menjadikan tolak ukur untuk menjalani hidup kedepannya bagaimana. masalalu sebagai guru dari pengalaman selalu mengingatkan kita dan tidak bisa terlepas meskipun kita sudah melangkah kedepan.

    b. hal yg mengingatkan akan masalalu adalah kenangan. kenangan akan hujan disore hari.

    c. Tidak. karena mengulang masalalu seperti membaca buku yang sudah pernah kita baca, dan seperti menonton film yg telah kita putar berulang ulang, sama sama sudah tahu endingnya. lebih baik mencoba pengalaman baru drpd mengulang kisah dg ending yg sama. jika bisa mengubah masa lalu, maka aku akan mencoba kesempatan yg ada tanpa merubah masa sekarng yg sudah tertata oleh takdir.

    d. Pernah. Perfect mistake yg sampai saat ini menghantui. Meninggalnya kakak dalam keadaan kita sedang bertengkar dan berjauhan. belum sempat berbaikan dan hal yg paling aku sesali adalah ketika kita bertemu, hanya wajah pucat tanpa senyum yg kulihat, kita dihadapkan akan kenyataan kalau kita sudah berbeda alam.

    ReplyDelete
  22. Nama : Nurwahidah

    Twitter : @wawha_cuza

    Follow GFC : wawha cuza

    Link Share : https://twitter.com/wawha_Cuza/status/801093081726492672

    Jawaban :

    a. Novel ini bercerita tentang keputusan apapun yang dipilih memiliki resikonya masing-masing.

    b. Hujan mengingatkanku akan dirinya.

    c. Tentu aku mau, karena aku bisa memilih dengan lebih bijak dan mengurangi berbagai penyesalan yang ada.

    d. Pernah, mencintai dia itu adalah kesalahan namun aku nggak bisa membencinya.

    ReplyDelete
  23. Nama::Didi Syaputra
    Twitter: @DiddySyaputra
    Follow GFC: Diddy Syaputra
    Link Share: https://twitter.com/DiddySyaputra/status/801098857404764160

    Jawaban:
    a. NLB milik Elvira Natalie ini memiliki banyak kesan mendalam terutama tentang masa lalu dan berujung pada kesalahan terbesarnya. Hal yang terpikirkan setelah membaca review di atas adalah tentang eratnya masa lalu membayangi kehidupan yang kini dijalani, meskipun seperkian persen kecilnya bayang2 tersebut namun tetap saja akan nampak jelas oleh yang pernah memilikinya.

    b. Cinta Pertama

    c. Tentu. Sangat2 ingin mengulang kembali terutama di saat2 fallin love pertamakalinya. Meskipun sedikit memalukan. Namun kesannya sangat mendalam.

    d. Pernah. Di usia labil terlalu SeTiA (Setiap Tikungan Ada pasangan).

    ReplyDelete
  24. Nama::Didi Syaputra
    Twitter: @DiddySyaputra
    Follow GFC: Diddy Syaputra
    Link Share: https://twitter.com/DiddySyaputra/status/801098857404764160

    Jawaban:
    a. NLB milik Elvira Natalie ini memiliki banyak kesan mendalam terutama tentang masa lalu dan berujung pada kesalahan terbesarnya. Hal yang terpikirkan setelah membaca review di atas adalah tentang eratnya masa lalu membayangi kehidupan yang kini dijalani, meskipun seperkian persen kecilnya bayang2 tersebut namun tetap saja akan nampak jelas oleh yang pernah memilikinya.

    b. Cinta Pertama

    c. Tentu. Sangat2 ingin mengulang kembali terutama di saat2 fallin love pertamakalinya. Meskipun sedikit memalukan. Namun kesannya sangat mendalam.

    d. Pernah. Di usia labil terlalu SeTiA (Setiap Tikungan Ada pasangan).

    ReplyDelete
  25. Nama : Aulia
    Twitter : @nunaalia
    Follow GFC : nunaalia 79
    Link Share : https://twitter.com/nunaalia/status/801318053053157376

    Jawaban :
    a. Setelah baca review di atas, apa yang kamu pikirkan tentang novel (Never) Looking Back?
    Novel (Never) Looking Back ini berkisah tentang banyak hal, seperti masa lalu, perfect mistake, hingga seni pasir yg digeluti tokohnya.

    b. Apa sih yang bikin kamu teringat masa lalu?
    Foto

    c. Jika Tuhan memberimu pilihan, apakah kamu ingin mengulang masa lalu itu?
    Ya, aku ingin memperbaiki kesalahan yg dulu aku perbuat di masa lalu itu.

    d. Pernahkah kamu melakukan sebuah ‘Perfect Mistake’ di dalam hidupmu?
    Pernah. Aku tidak mengikuti keinginan orangtuaku untuk masuk pesantren.

    ReplyDelete
  26. Nama: Ainhy Edelweiss
    Twitter: @PrinceesAinhy
    Following GFC: Nur Ainhy
    Link share: https://twitter.com/PrinceesAinhy/status/801989082050019328

    Jawaban:

    A. Setelan baca Review di atas, q yakin novel ini berkisah ttg masa lalu casta, ttg kenangan yg blm bsa dy lpkan hgga org baru muncul di hidupnya. Aq pnsaran klnjutannya :)

    B. Musik

    C. Aku tdk ingin mengulang masa lalu, yg berlalu biarlah berlalu

    D. Pernah. Salah jurusan

    ReplyDelete
  27. Nama: Diah P
    Twitter: @She_Spica
    Follow GFC: She Spica
    Link share: https://twitter.com/She_Spica/status/802077768204763136

    A. Novel ini mungkin menceritakan seseorang yg belum bisa berdamai dgn masa lalunya dan terjebak dgn masa lalu itu hingga memengaruhi keputusan2nya di masa kini.

    B. Yang selalu membuatku teringat akan masa lalu adalah keadaan2 buruk yg trjadi saat ini hingga tanpa sadar selalu mengucapkan "seandainya.... seandainya..."

    C. Satu2nya masa lalu yg ingin kuulang adalah kbersamaanku dgn bapak yg sudah meninggal 20tahun yg lalu.

    D. Perfect mistakeku adalah salah masuk jurusan kuliah karena brtolak belakng dgn pekerjaanku sekarg.

    ReplyDelete
  28. Nama: Diah P
    Twitter: @She_Spica
    Follow GFC: She Spica
    Link share: https://twitter.com/She_Spica/status/802077768204763136

    A. Novel ini mungkin menceritakan seseorang yg belum bisa berdamai dgn masa lalunya dan terjebak dgn masa lalu itu hingga memengaruhi keputusan2nya di masa kini.

    B. Yang selalu membuatku teringat akan masa lalu adalah keadaan2 buruk yg trjadi saat ini hingga tanpa sadar selalu mengucapkan "seandainya.... seandainya..."

    C. Satu2nya masa lalu yg ingin kuulang adalah kbersamaanku dgn bapak yg sudah meninggal 20tahun yg lalu.

    D. Perfect mistakeku adalah salah masuk jurusan kuliah karena brtolak belakng dgn pekerjaanku sekarg.

    ReplyDelete
  29. Rini Cipta Rahayu
    Twitter @rinicipta
    GFC : Rini Cipta Rahayu
    Share : https://twitter.com/RiniCipta/status/802140188877135872

    a. Never Looking Back menceritakan tentang kisah yang rumit. Sulit rasanya jika hidup kita masih dibayangi masa lalu, tapi Casta berhasil menjadikannya sebagai hal yang positif yang memacu dirinya untuk menggapai mimpi-mimpinya dan membuka kesempatan baru bagi orang lain. Salut! Tapi ketika seseorang di masa lalu datang lagi, aku ingin tau bagaimana Casta kembali menghadapinya.
    b. Pantai, Hujan, Lagu.
    c. Tidak. Masa lalu, cukup dikenang dan dijadikan pelajaran. Kembali ke masa itu tidak akan mengubah apapun. Kecuali semakin mengingatkan kita bahwa pelajaran hidup bisa diberikan Tuhan dengan berbagai cara.
    d. Pernah. Kesalahan menjadi pribadi berbeda dari orang lain melalui pilihan-pilihan hidup yang aku ambil :)

    ReplyDelete

 

Jejak Langkahku Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos